Advertisement

Minggu, 15 Mei 2016

Tips Persiapan buat menghadapi SBMPTN

Hey yo! Hey yo! Semuaa!
Beberapa waktu lalu pengumuman SNMPTN udah dibuka, dan masing-masing pendaftar SNMPTN berebutan membuka web hasil penyeleksian untuk melihat hasilnya. Apakah dinyatakan Passed atau Not Passed. Sedih rasanya jika melihat tanda merah atau tulisan Not Passed, karena sayapun dulu gagal dalam SNMPTN huhuhu TwT /membukalukalama
Tapi, jangan khawatir bagi yang tidak lulus dalam SNMPTN, masih ada SBMPTN dan UM. Pendaftaran SBMPTN juga sudah dibuka, apakah kalian semua sudah mendaftar untuk SBMPTN? Jika sudah apakah jurusan yang kalian pilih itu SosHum atau SainTek atau bahkan IPC?
Apapun itu semoga itu menjadi pilihan terbaik bagi kamu-kamu semuanya dan bisa lolos ujian SBMPTN dan pergi ke Universitas atau Institut yang diinginkan. Aamiin Ya Rabbal'alamin
Maaf yah aku ngomongnya malah ngaco o/w\o hehe
Baiklah, karena saya juga dulu gak lolos jalur SNMPTN maka sehari setelah penguuman saya langsung mendaftar untuk jalur SBMPTN. Pilihan saya kebetulan waktu itu berbeda dengan jurusan waktu di SMA. Pilihan yang saya pilih dulu itu semua masuknya ke bagian Soshum, sedangkan saya dari jurusan IPA. Banting setir sekali, bahkan dari jurusan yang saya pilihpun sangat berbeda jauh dari jurusan pas di SMA. Yaitu Bahasa Jepang, banting setirnya pun jauh sekali dari IPA ke Bahasa. Meskipun bantng setir, namun Alhamdulillah lolos lewat jalur SBMPTN ini. Tapi, ya udahlah yah, malah keterusan curhat hehehe

Disini saya bakalan bagi tips persiapan soal gimana caranya menghadapi SBMPTN. Soal SBMPTN itu dibagi 7, yaitu Tes Potensi Akademik, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan  4 mata pelajaran pokok dari masing-masing Soshum dan Saintek. Inilah beberapa tips yang saya telah lakukan, dan semoga bisa membantu teman-teman sekalian yang sedang berjuang untuk masa depan.

1. Berdoa
Hal yang paling utama sekali, tentunya berdoa dan meminta kepada tuhan agar dimudahkan dan dilancarkan segala sesuatunya. Dan juga meminta doa kepada Orang tua, jangan anggap remeh tentang hal ini. Sering sekali beberapa orang meragukan tentang kekuatan doa dari kedua Orang tua, padahal kekuatan dan keridhoan dari orang tua itu sangat manjur. Atau kalo kalian mau boleh meminta doa kepada saudara, kerabat dekat, teman ataupun guru. Pokoknya minta doa sebanyak-banyaknya. Itu yang dulu saya lakukan.
2. Meminta maaf
Jika kalian merasa memiliki salah kepada seseorang, segeralah meminta maaf. Karena dengan meminta maafl, pintu rejeki akan terbuka lebar. Apalagi memohon maaf terhadap kedua orang tua.
3. Mempelajari materi yang akan diujikan
Sebelum menghadapi ujian, tentu kita harus mengetahui tentang materi apa saja yang sekiranya bakalan muncul dalam ujian tersebut. Jadikanlah materi sebagai senjata saat menghadapi ujian nanti. Jika kalian memilih jurusan atau pilihan yang berlawanan arah dengan saat kalian di SMA, kalian bisa meminjam buku atau materi kepada teman atau saudara kamu yang punya. Atau jika kamu punya cukup uang, kamu bisa membeli buku rangkuman materi di toko buku terdekat. Karena yang diujikan cakupan materinya dari materi kelas 1 SMA sampai kelas 3 SMA.
4. Mengumpulkan latihan soal-soal SBMPTN
Berlatih soal-soal SBMPTN itu penting. Karena dengan berlatih soal, kita bisa mengetahui pola dan materi apa saja yang kemungkinan akan keluar nanti. Dan juga bisa mengukur tentang materi yang sudah kita pelajari, dan kemampuan kita juga bisa terukur. Bagian mana saja yang belum kita kuasai, setelah tahu kita lemah dimana, coba perdalam lagi materi tentang itu.
5. Belajar kelompok
Belajar kelompok sangat membantu dalam persiapan SBMPTN ini bagi saya. Karena dengan belajar kelompok, ketika saya tidak tahu dibagian materi tertentu ada teman saya yang bisa dan mengajar saya. Dengan belajar kelompok seperti ini, dapat membantu sekali dalam penguasaan materi yang belum dipahami. Carilah teman yang sama dengan pilihan kita, yaitu Soshum ataupun Saintek. Setelah itu barulah atur jadwal dan bahasan dalam belajar kelompok kalian. Dan dengan belajar kelompok juga kita jadi tidak terlalu stres memikirkan SBMPTN ini karena bisa diselingi dengan tertawa dan bercanda dengan teman disela-sela belajar. Bahagia juga penting loh.
6. Jangan buka buku pelajaran atau soal-soal latihan di hari H ujian
Teman-teman sekalian pasti khawatir dan takut saat hari H nanti, dan akan membuka buku untuk memastikan bahwa kalian memahami dan menguasai materi apa saja yang akan diujikan nanti. Tolong jangan lakukan hal itu saat beberapa jam lagi kalian ujian. Karena apa yang sudah kalian pelajari selama ini akan hilang atau berjatuhan satu persatu, karena kalian khawatir dengan apa yang akan terjadi diruang ujian nanti, apakah kalian bisa menjawab setiap pertanyaan yang ada dikertas itu atau tidak. Justru dengan kalian "mengistirahatkan" otak teman-teman sekalian, kalian akan mampu fokus saat ujian nanti. Kalian boleh saja risau asalkan tidak membuat kalian stres atau gelisah kesana-kemari, relaks saja dan yakin kalau kalian bisa dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan kalian hadapi nanti. Karena kalian sudah melakukan persiapan sebelumnya. Cukup yakin saja dengan segala persiapan yang sudah kalian lakukan. Karena Hasil tidak mengkhianati Usaha.
7. Hindari menjawab pertanyaan jika tidak tahu
Karena SBMPTN ini sistemnya jika salah satu akan di -1 dan jika benar akan +4, jika dibiarkan kosong maka akan 0. Maka jika kalian ragu dengan jawaban kalian atau kalian benar-benar tidak tahu jawabnnya apa, lebih baik tidak menjawabnya. Karena jika ternyata kamu salah, maka akan di -1. Lebih baik dibiarkan kosong, daripada diisi tapi malah dapat -1. Meskipun kadang dibeberapa tempat ujian pembimbingnya mengatakan untuk diisi semuanya (cerita dari teman saya), tapi menurut saya lebih baik dikosongkan kalau ragu atau tidak tahu.
8. Tes Potensi Akademik sebagian besar harus benar
Kenapa Tes Potensi Akademik (TPA) harus benar sebagian besar, tidak harus benar semua. Karena TPA bisa menjadi penutup kekurangan dari pelajaran yang pokok atau dari Matematika dasar ataupun Bahasa Inggris. Jika nilai dari pelajaran pokok kurang misalnya, lalu TPA nya benar sebagian besar, maka bisa tertutupi dari nilai TPA itu. Karena biasanya TPA yang diujikan pertama kali, jadi usahakan untuk benar semua atau sebagian besar benar. TPA bisa menjadi batu loncatan buat teman-teman sekalian.
9. Tawakal dan menyerahkan semua hasilnya pada yang diatas
Setelah kalian selesai ujian, disarankan untuk tidak membuka soal-soal latihan atau materi jika kalian tidak mau sakit hati hehehe. Setelah perjuangan yang kalian lakukan tadi, kalian tinggal menunggu hasilnya, menunggu hasil perjuangan kalian sendiri dengan kekuatan kalian sendiri. Kenapa sendiri? Karena kalian memang berjuang sendirian didalam ruang ujian itu, tidak ada soal yang sama satupun dan tidak ada teman, beruntung jika teman kalian satu ruangan, karena aku sendiri waktu itu huhuhu.. meskipun satu ruangan tapi tetap kau berjuang sendiri demi masa depanmu sendiri, tidak seperti pas UN, kalian bisa kerjasama sekelas wkwkwk


Demikianlah tips dari saya yang saya buat sendiri, tips diatas adalah yang sudah saya lakukan selama berjuang hahaha
Semoga tips ini cocok dan dapat membantu teman-teman semua yang akan berjuang nanti. Semangaaattt!! ~^w^)~  


頑張って下さい!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar